Jumat, 23 Februari 2024

Memori HP Penuh Kini Tak Perlu Hapus File, Pakai Fitur Google Ini

Supriyadi
Sabtu, 7 Oktober 2023 21:02:00
Ilustrasi memotret di malam hari pakai smartphone. (Pixabay)

Murianews, Kudus – Memori handphone (HP) saat ini memang menjadi salah pertimbangan saat membeli smartphone. Pasalnya, aplikasi dan file jarang sekali bisa dicadangkan.

Akibatnya, saat memori penuh, HP tidak bisa digunakan secara maksimal. Bahkan di beberapa kasus, sang pengguna harus menghapus file baik itu aplikasi, foto, atau video.

Nah, bagi Kamu yang pernah merasakan itu, mulai saat ini bisa bernafas lega. Khususnya pengguna Android. Ini lantaran, Google punya solusi yang disematkan pada Play Store.

Biasanya kita akan memasang (install) banyak aplikasi di ponsel. Tetapi, hanya menggunakan beberapa aplikasi saja untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Mereka yang kehabisan memori akan langsung menghapus aplikasi dan tidak menghapus data. Ikon aplikasi masih terlihat di tray aplikasi.

Masalah ini nampaknya yang ingin dijawab oleh Google. Raksasa mesin pencari meluncurkan fitur baru untuk mendeteksi aplikasi yang jarang digunakan dan diarsipkan saat sisa memori HP menipis.

Melansir dari laman Tipster AssembleDebug di akun X (dulu Twitter), Google Tengah meluncurkan tools bernama 'Automatically archive apps'. Opsi ini telah tersedia di Play Store untuk semua pengguna.

Jadi, pengguna bisa mengarsipkan aplikasi yang tidak digunakan, alih-alih menghapusnya. Arsip ini akan dilakukan secara otomatis.

Caranya dengan masuk ke pengaturan Play Store > General > Automatically archive apps. Aplikasi akan diarsipkan terlepas dari penyimpanan yang tersedia pada ponsel Android.

Sebelumnya dilaporkan Google memberikan syarat pada pengguna untuk bisa menggunakan fitur ini. Yakni hanya digunakan untuk mereka yang memiliki HP dengan penyimpanan sangat rendah, jadi opsi akan terlihat saat aplikasi tengah diinstall.

Namun sepertinya Google berubah pikiran. Saat ini dilaporkan opsi telah tersedia bagi seluruh pengguna dan syarat sebelumnya tidak diwajibkan lagi.

Komentar